Buku Cetak
Akselerasi Teknologi Digital Bidang Pendidikan untuk Membangun Generasi yang Unggul dan Berkualitas
Penelitian ini berjudul "Akselerasi Teknologi Digital Bidang Pendidikan untuk Membangun Generasi yang Unggul dan Berkualitas." Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tantangan dan peluang dalam mengadopsi teknologi digital di bidang pendidikan, terutama di Indonesia yang memiliki keberagaman geografis dan sosial ekonomi. Rumusan masalah difokuskan pada bagaimana percepatan teknologi digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi unggul. Penelitian bertujuan memberikan analisis komprehensif dan rekomendasi strategis untuk implementasi teknologi digital dalam pendidikan dasar dan menengah.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan SWOT untuk menganalisis isu strategis. Data diperoleh dari studi pustaka yang relevan dengan akselerasi teknologi digital. Teori yang digunakan meliputi Konstruktivisme, Pembelajaran Transformasional, Ekologi Pembelajaran, dan Manajemen Strategis. Teknik analisis dilakukan melalui evaluasi infrastruktur teknologi, kesiapan guru, integrasi teknologi dalam kurikulum, serta dampak sosial dan ekonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa percepatan teknologi digital mampu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia, meski tantangan berupa kesenjangan akses teknologi, literasi digital, dan pelatihan guru masih signifikan. Implementasi platform digital seperti Merdeka Mengajar dan Rapor Pendidikan berkontribusi pada pembelajaran yang lebih inklusif dan interaktif. Teknologi digital juga meningkatkan efisiensi manajemen sekolah. Namun, keberhasilan implementasi memerlukan dukungan kebijakan, investasi infrastruktur, dan peningkatan literasi digital secara merata. Penelitian ini merekomendasikan strategi kolaboratif antara pemerintah, institusi pendidikan, dan sektor swasta untuk memastikan transformasi pendidikan yang berkelanjutan.
Kata Kunci: Teknologi digital, pendidikan, akselerasi, generasi unggul, pembelajaran inklusif.
Tidak tersedia versi lain